MATERI TRIGONOMETRI
KELAS X SMA
A.
Ukuran Sudut
1.
Ukuran Derajat
Besar sudut dalam satu
putaran adalah 360°. Berarti 1°= 1/360
putaran. Ukuran sudut yang lebih kecil
dari derajat adalah menit ( ‘ ) dan detik ( “ ).
Hubungan ukuran sudut
menit, detik, dan derajat adalah:
2.
Ukuran Radian
Satu radian adalah besar
sudut pusat busur lingkaran yang panjangnya sama dengan jari-jari.
3.
Hubungan Derajat dengan
Radian
Untuk mengubah sudut
sebesar 𝛉
ke dalam satuan radian, menggunakan rumus:
Dan untuk mengubah
sudut sebesar X radian ke dalam satuan derajat, menggunakan rumus:
Contoh Soal
1.
Nyatakan sudut 0,65 radian
dalam satuan derajat!
Jawab :
2.
Nyatakan sudut 154° ke satuan radian!
Jawab:
3.
Suatu lingkaran memiliki panjang busur
15 cm dan dengan sudut pusat 45°,
carilah jari-jari lingkaran tersebut!
Jawab:
Kita
harus merubah 𝛉= 45° ke dalam bentuk radian.
B.
Perbandingan
Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku
Perhatikanlah gambar
berikut!
Jika dipandang dari sudut 𝛉,
maka sisi BC disebut sisi depan, sisi AB disebut sisi samping, dan sisi AC
disebut sisi miring.
Jika sisi AB = x, sisi BC = y, dan sisi AC = r, maka
Contoh soal
1. Perhatikan gambar
berikut!
Diketahui panjang AC = 9 cm, dan panjang
AB = 12 cm, dengan sudut b = 𝛉. Tentukan nilai dari sin 𝛉, cos 𝛉,
dan tan 𝛉!
Pemecahan:
2. Jika sin 15°= y.
Tentukan nilai trigonometri berikut dalam y!
a. Cos 15°
b. Tan 15°
c. Sin 75°
d. Cos 75°
e. Tan 75°
f.
Cosec
15°
g. Cotan 75°
h. Sec 75°
Pemecahan:
a. Cos 15°
b. Tan 15°
c. Sin 75°
d. Cos 75°
e. Tan 75°
f.
Cosec
15°
g. Cotan 75°
h. Sec 75°
3. Jawablah pertanyaan
berikut!
b. Tentukan nilai dari
Pemecahan:
b. Nilainya adalah
C.
Perbandingan
Trigonometri Sudut Berelasi
Dalam
satu putaran, yaitu 360°, sudut dibagi menjadi empat relasi, yaitu:
1. Kuadran I : 0°≤ α ≤ 90°
2. Kuadran II : 90° < α ≤ 180°
3. Kuanran III : 180° < α ≤ 270°
4. Kuadran IV : 270° < α ≤ 360°
Perhatikan gambar berikut!
1. Perbandingan
Trigonometri Sudut di Kuadran I
Pada ∆ AOC,
berlaku:
Pada
∆ BOC, berlaku:
2. Perbandingan Trigonometri
Pada Sudut Kuadran II
Pada ∆ AOC,
berlaku: ∠α = 180°- 𝛉
3. Perbandingan
Trigonometri Pada Sudut Kuadran III
Pada ∆ AOC berlaku: ∠ AOP = α
4. Perbandingan
Trigonometri Pada Sudut Kadran IV
sin
(360° - 𝞪) = - sin 𝞪
cos
(360° - 𝞪) = cos 𝞪
tan
(360° - 𝞪) = - tan 𝞪
cosec
(360° - 𝞪) = - cosec 𝞪
sec
(360° - 𝞪) = sec 𝞪
cotan
(360° - 𝞪) = - cotan 𝞪
5. Perbandingan
Trigonometri Untuk Sudut Diatas 360° atau Sudut Negatif
a.
Perbandingan
Trigonometri Untuk Sudut Diatas 360°
Sin (k × 360° + 𝞪) = sin 𝞪
Cos (k × 360° + 𝞪) = cos 𝞪
tan (k × 360° + 𝞪) = tan 𝞪
cosec (k × 360° + 𝞪) = cosec 𝞪
sec (k × 360° + 𝞪) = sec 𝞪
cotan (k × 360° + 𝞪) = cotan 𝞪
Keterangan:
k = banyaknya putaran, dengan nilai k
adalah bilangan bulat positif.
b.
Perbandingan
Trigonometri Sudut Negatif
Sin (- 𝞪) = -sin 𝞪
Cos (-𝞪) = cos 𝞪
tan (-𝞪) = -tan 𝞪
cosec (-𝞪) = -cosec 𝞪
sec (-𝞪) = sec 𝞪
cotan (-𝞪) = -cotan 𝞪
Contoh Soal
1. Nyatakan sudut berikut
kedalam perbandingan trigonometri sudut lancip positif!
a.
Sin
175°
b.
Cos
325°
c.
Sec
(-225°)
d.
Tan
780°
e.
Sin
3500°
2. Diketahui sin 35° = 2k,
nyatakan trigonometri sudut berikut dalam k!
a.
Sin
55°
b.
Cos
(-215°)
c.
Tan
125°
d.
Cosec
935°
e.
Sin
665°
Pemecahan:
D.
Persamaan
Trigonometri sin x = sin α, cos x = cos α, dan tan x = tan α
1. Jika sin x = sin α,
maka x = α + k . 360° atau x = (180° - α) + k . 360°
2. Jika cos x = sin α,
maka x = α + k . 360° atau x = (360° - α) + k . 360° = -α + k . 360°
3. Jika tan x = tan α,
maka x = α + k . 180°
Contoh Soal
1. Tentukan himpunan
penyelesaian dari persamaan trigonometri berikut!
a.
Sin
x = sin ⅚ 𝛑, 0 ≤ x ≤ 2𝛑
b.
Tan
x = tan ⅓𝛑, 0 ≤ x ≤ 2𝛑
c.
Cos
x = cos 150°, 0° ≤ x ≤ 360°
Pemecahan:
a.
Sin
x = sin ⅚ 𝛑, 0 ≤ x ≤ 2𝛑
Himpunan penyelesaian = {⅚ ,⅙𝛑}
b.
Tan
x = tan ⅓𝛑, 0 ≤ x ≤ 2𝛑
Himpunan penyelesaian={⅓𝛑 ,4/3 𝛑}
c.
Cos
x = cos 150°, 0° ≤ x ≤ 360°
Himpunan penyelesaian= {150°,210°}
2. Tentukan himpunan
penyelesaian dari persamaan trigonometri berikut!
a.
Sin
x = cos 300°, 15°≤ x ≤ 360°
b.
Cos
x = cotan 135°, 0°≤ x ≤ 360°
c.
Tan
x = sin 0°, 180°≤ x ≤ 360°
d.
Cos
3x = cos 180°, 0° ≤ x ≤ 360°
e.
Sin
(30°+x) = sin 75°, 0°≤ x ≤ 270°
f.
Sin
(4x+38°) = sin 173°, 0° ≤ x ≤ 360°
g.
Tan
x = ⅓√3, 0 ≤ x ≤ 2𝛑
Pemecahan:
a.
Sin
x = cos 300°, 15°≤ x ≤ 360°
Himpunan penyelesaian={30°,150°}
b.
Cos
x = cotan 135°, 0°≤ x ≤ 360°
Himpunan penyelesainnya adalah {180°}
c.
Tan
x = sin 0°, 180°≤ x ≤ 360°
Himpunan penyelesaian= {180°,360°}
d.
Cos
3x = cos 180°, 0° ≤ x ≤ 360°
Himpunan penyelesain={60°,180°, 300°}
e.
Sin
(30°+x) = sin 75°, 0°≤ x ≤ 270°
Himpunan penyelesain={45°,75°}
f.
Sin
(4x+38°) = sin 173°, 0° ≤ x ≤ 360°
Himpunan
penyelesaian={33,75°; 82,25°;
123,75°; 172,25°; 213,75°; 262,25°; 303,75°; 352,25°}
g.
Tan
x = ⅓ √3, 0 ≤ x ≤ 2𝛑
Himpunan
penyelesaian = {⅙𝜋, 7/6 𝜋}
E. Identitas Trigonometri
1.
Rumus Dasar
2.
Menentukan Identitas Trigonometri
a.
Ubah bentuk ruas kiri hingga sama dengan bentuk ruas
kanan.
b.
Ubah bentuk ruas kanan hingga sama dengan bentuk tuas
kiri.
c.
Kedua ruas diubah hingga didapat bentuk baru yang sama.
Contoh
Soal
1.
Buktikan bahwa sec2 𝞪 + tan2
𝞪 = 2tan2𝞪+1
2.
Buktikan bahwa sec Y – cos Y = sin Y . tan Y
Penyelesaian:
1.
sec2 𝞪 + tan2 𝞪 =
2tan2𝞪+1
Ruas kiri
= tan2 𝞪 + 1 + tan2
𝞪
= 2 tan2 𝞪+1
2.
sec Y – cos Y = sin Y . tan Y
bukti dengan mengubah ruas kiri
F.
Trigonometri Pada Segitiga Sembarang
1.
Aturan Sinus
Rumus:
Contoh
soal
1)
Perhatikan gambar berikut!
Tentukan panjang x dalam cm!
Penyelesaian:
2.
Aturan Cosinus
Rumus:
a2
= b2+c2 - 2bc cos 𝞪
b2
= a2+c2 - 2ac cos 𝞫
c2
= a2+b2 - 2ab cos 𝞬
Contoh
soal
1)
Perhatikan gambar berikut!
Tentukan panjang PR!
Pemecahan:
PR2 = RQ2 + PQ2
– 2RQPQ cos ∠ Q
PR2 = 172 + 302
– 2 . 17 . 30 cos 53°
PR2 = 289 + 900 – 1020 . ⅗
PR2 = 1189 – 612
PR2 = 577
PR = √577 = 24,02 cm
3.
Luas Segitiga
Rumus:
L
= ½ ab sin 𝞬
L
= ½ bc sin 𝞪
L
= ½ ac sin 𝞫
Contoh
Soal
1.
Hitunglah luas ABCD berikut!
Pemecahan:
a.
Untuk ∆ BCD
Luas ∆ BCD = ½ BD.CD. sin ∠ D
Luas ∆ BCD = ½ . 18√2 . 12√6 . sin 30°
Luas ∆ BCD = ½ . 18√2 . 12√6 . ½ = ¼ .
216√12 = 108√3 cm2
b.
Untuk ∆ ABD
Luas ∆ ABD = ½ AD.BD. sin ∠D
Luas ∆ ABD = ½ . 18. 18√2 . sin 105°
c.
Luas ABCD
Luas ABCD = Luas ∆ BCD + Luas ∆ ABD
Luas ABCD = 108√3 cm2 + 81√3 +
81 cm2
Luas ABCD = 189√3 cm2 + 81 cm2
Luas ABCD = 327,35 + 81
Luas ABCD = 408,35 cm2
A. Pengertian
Trigonometri
Trigonometri terdiri dari sinus (sin), cosinus (cos), tangens ( tan),
cotangens (cot), secan (sec) dan cosecan (cosec). Trigonometri merupakan
nilai perbandingan yang didefinisikan pada koordinat kartesius atau
segitiga siku-siku.
Jika trigonometri didefinisikan dalam segitiga siku-siku, maka
definisinya adalah sebagai berikut:
B. Nilai Trigonometri untuk Sudut-sudut Istimewa
C. Rumus-rumus Identitas Trigonometri
D. Rumus- Rumus Trigonometri
E. Aturan Trigonometri dalam Segitiga
Diposkan oleh fery yansah
0 komentar
TRIGONOMETRI DAN SEJARAHNYA
Pengertian dan Sejarah Trigonometri
Pengertian Trigonometri
Trigonometri (dari bahasa Yunani trigonon = tiga sudut dan metro =
mengukur) adalah sebuah cabang matematika yang berhadapan dengan sudut
segi tiga dan fungsi trigonometrik seperti sinus, cosinus, dan tangen.
Trigonometri memiliki hubungan dengan geometri, meskipun ada
ketidaksetujuan tentang apa hubungannya; bagi beberapa orang,
trigonometri adalah bagian dari geometri.
Sejarah Trigonometri
Awal trigonometri dapat dilacak hingga zaman Mesir Kuno dan Babilonia
dan peradaban Lembah Indus, lebih dari 3000 tahun yang lalu.
Matematikawan India adalah perintis penghitungan variabel aljabar yang
digunakan untuk menghitung astronomi dan juga trigonometri. Lagadha
adalah matematikawan yang dikenal sampai sekarang yang menggunakan
geometri dan trigonometri untuk penghitungan astronomi dalam bukunya
Vedanga, Jyotisha, yang sebagian besar hasil kerjanya hancur oleh
penjajah India.
Matematikawan Yunani Hipparchus sekitar 150 SM menyusun tabel
trigonometri untuk menyelesaikan segi tiga.
Matematikawan Yunani lainnya, Ptolemy sekitar tahun 100 mengembangkan
penghitungan trigonometri lebih lanjut.
Matematikawan Silesia Bartholemaeus Pitiskus menerbitkan sebuah karya
yang berpengaruh tentang trigonometri pada 1595 dan memperkenalkan kata
ini ke dalam bahasa Inggris dan Perancis.
RUMUS- RUMUS TRIGONOMETRI
PENJUMLAHAN DUA SUDUT (a + b)
sin(a + b) = sin a cos b + cos a sin b
cos(a + b) = cos a cos b - sin a sin b
tg(a + b ) = tg a + tg b
1 - tg2a
SELISIH DUA SUDUT (a - b)
sin(a - b) = sin a cos b - cos a sin b
cos(a - b) = cos a cos b + sin a sin b
tg(a - b ) = tg a - tg b
1 + tg2a
SUDUT RANGKAP
sin 2a = 2 sin a cos a
cos 2a = cos2a - sin2 a
= 2 cos2a - 1
= 1 - 2 sin2a
tg 2a = 2 tg 2a
1 - tg2a
sin a cos a = ½ sin 2a
cos2a = ½(1 + cos 2a)
sin2a = ½ (1 - cos 2a)
Secara umum :
sin na = 2 sin ½na cos ½na
cos na = cos2 ½na - 1
= 2 cos2 ½na - 1
= 1 - 2 sin2 ½na
tg na = 2 tg ½na
1 - tg2 ½na
JUMLAH SELISIH DUA FUNGSI YANG SENAMA
BENTUK PENJUMLAHAN ® PERKALIAN
sin a + sin b = 2 sin a + b cos a - b
2 2
sin a - sin b = 2 cos a + b sin a - b
2 2
cos a + cos b = 2 cos a + b cos a - b
2 2
cos a + cos b = - 2 sin a + b sin a - b
2 2
BENTUK PERKALIAN ® PENJUMLAHAN
2 sin a cos b = sin (a + b) + sin (a - b)
2 cos a sin b = sin (a + b) - sin (a - b)
2 cos a cos b = cos (a + b) + cos (a - b)
- 2 sin a cos b = cos (a + b) - sin (a - b)
PENJUMLAHAN FUNGSI YANG BERBEDA
Bentuk a cos x + b sin x
Merubah bentuk a cos x + b sin x ke dalam bentuk K cos (x - a)
a cos x + b sin x = K cos (x-a).
Diposkan oleh fery yansah
0 komentar
KESIMPULAN DAN SARAN
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada tahapan penelitian,
maka diperoleh beberapa kesimpulan berkaitan dengan penerapan multimedia
interaktif dalam pembelajaran trigonometri untuk meningkatkan kemampuan
penalaran matematis siswa kelas XI di SMA Pasundan 3 Bandung, yaitu:
1. Kemampuan penalaran matematis siswa SMA yang menggunakan
multimedia interaktif lebih baik daripada siswa SMA yang
menggunakan model pembelajaran konvensional.
2. Terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang
menggunakan multimedia interaktif sebesar 0,45 yang termasuk
kriteria sedang. Sedangkan pengaruh penerapan multimedia interaktif
terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa sebesar
45,28%.
3. Tanggapan siswa terhadap penerapan multimedia interaktif dalam
pembelajaran matematika positif. Hal tersebut dari hasil observasi,
angket dan wawancara, diantaranya: belajar matematika dengan
multimedia interaktif menambah kemandirian siswa dalam belajar
matematika, siswa ingin materi lain disajikan dengan multimedia,
motivasi belajar matematika siswa menjadi tumbuh kembali setelah
mengikuti pembelajaran dengan multimedia interaktif. Dari hasil
87
angket diperoleh bahwa persentase siswa yang mendukung penerapan
multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika adalah sebesar
94,53%.
Dari ketiga hal di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan multimedia
interaktif dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan
penalaran matematis siswa SMA khususnya materi Trigonometri.
B. Saran
1. Bagi Guru
Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa penerapan multimedia interaktif
dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan penalaran matematis
siswa. Selain itu respons siswa terhadap multimedia interaktif cenderung
positif. Oleh karena itu, penulis menyarankan untuk guru agar mencoba
dan menggunakan pembelajaran ini sebagai alternatif pembelajaran
matematika di sekolah khususnya pada materi trigonometri.
2. Bagi Peneliti Selanjutnya
Dalam penelitian ini kemampuan yang diukur hanyalah kemampuan
penalaran matematis dengan menggunakan multimedia interaktif. Maka
penulis menyarankan bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan
penelitian yang serupa untuk mengembangkan kemampuan yang berbeda
dengan materi dan jenjang yang berbeda pula. Selain itu, diharapkan
peneliti berikutnya dapat meningkatkan kemampuan membuat software
pembelajaran sehingga multimedia yang dihasilkan lebih baik lagi.
88
3. Bagi Penentu Kebijakan
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa kemampuan penalaran
matematis meningkat setelah diberikannya pembelajaran dengan
menggunakan multimedia interaktif, maka penulis menyarankan kepaada
penentu kebijakan agar multimedia interaktif dapat dijadikan sebagai
salah
satu alternatif pembelajaran dalam mengajarkan materi trigonometri yang
terdapat dalam kurikulum matematika SMA
Diposkan oleh fery yansah
Copy the BEST Traders and Make Money : http://ow.ly/KNICZ
Copy the BEST Traders and Make Money : http://ow.ly/KNICZ
A. Pengertian
Trigonometri
Trigonometri terdiri dari sinus (sin), cosinus (cos), tangens ( tan),
cotangens (cot), secan (sec) dan cosecan (cosec). Trigonometri merupakan
nilai perbandingan yang didefinisikan pada koordinat kartesius atau
segitiga siku-siku.
Jika trigonometri didefinisikan dalam segitiga siku-siku, maka
definisinya adalah sebagai berikut:
B. Nilai Trigonometri untuk Sudut-sudut Istimewa
C. Rumus-rumus Identitas Trigonometri
D. Rumus- Rumus Trigonometri
E. Aturan Trigonometri dalam Segitiga
Diposkan oleh fery yansah
0 komentar
TRIGONOMETRI DAN SEJARAHNYA
Pengertian dan Sejarah Trigonometri
Pengertian Trigonometri
Trigonometri (dari bahasa Yunani trigonon = tiga sudut dan metro =
mengukur) adalah sebuah cabang matematika yang berhadapan dengan sudut
segi tiga dan fungsi trigonometrik seperti sinus, cosinus, dan tangen.
Trigonometri memiliki hubungan dengan geometri, meskipun ada
ketidaksetujuan tentang apa hubungannya; bagi beberapa orang,
trigonometri adalah bagian dari geometri.
Sejarah Trigonometri
Awal trigonometri dapat dilacak hingga zaman Mesir Kuno dan Babilonia
dan peradaban Lembah Indus, lebih dari 3000 tahun yang lalu.
Matematikawan India adalah perintis penghitungan variabel aljabar yang
digunakan untuk menghitung astronomi dan juga trigonometri. Lagadha
adalah matematikawan yang dikenal sampai sekarang yang menggunakan
geometri dan trigonometri untuk penghitungan astronomi dalam bukunya
Vedanga, Jyotisha, yang sebagian besar hasil kerjanya hancur oleh
penjajah India.
Matematikawan Yunani Hipparchus sekitar 150 SM menyusun tabel
trigonometri untuk menyelesaikan segi tiga.
Matematikawan Yunani lainnya, Ptolemy sekitar tahun 100 mengembangkan
penghitungan trigonometri lebih lanjut.
Matematikawan Silesia Bartholemaeus Pitiskus menerbitkan sebuah karya
yang berpengaruh tentang trigonometri pada 1595 dan memperkenalkan kata
ini ke dalam bahasa Inggris dan Perancis.
RUMUS- RUMUS TRIGONOMETRI
PENJUMLAHAN DUA SUDUT (a + b)
sin(a + b) = sin a cos b + cos a sin b
cos(a + b) = cos a cos b - sin a sin b
tg(a + b ) = tg a + tg b
1 - tg2a
SELISIH DUA SUDUT (a - b)
sin(a - b) = sin a cos b - cos a sin b
cos(a - b) = cos a cos b + sin a sin b
tg(a - b ) = tg a - tg b
1 + tg2a
SUDUT RANGKAP
sin 2a = 2 sin a cos a
cos 2a = cos2a - sin2 a
= 2 cos2a - 1
= 1 - 2 sin2a
tg 2a = 2 tg 2a
1 - tg2a
sin a cos a = ½ sin 2a
cos2a = ½(1 + cos 2a)
sin2a = ½ (1 - cos 2a)
Secara umum :
sin na = 2 sin ½na cos ½na
cos na = cos2 ½na - 1
= 2 cos2 ½na - 1
= 1 - 2 sin2 ½na
tg na = 2 tg ½na
1 - tg2 ½na
JUMLAH SELISIH DUA FUNGSI YANG SENAMA
BENTUK PENJUMLAHAN ® PERKALIAN
sin a + sin b = 2 sin a + b cos a - b
2 2
sin a - sin b = 2 cos a + b sin a - b
2 2
cos a + cos b = 2 cos a + b cos a - b
2 2
cos a + cos b = - 2 sin a + b sin a - b
2 2
BENTUK PERKALIAN ® PENJUMLAHAN
2 sin a cos b = sin (a + b) + sin (a - b)
2 cos a sin b = sin (a + b) - sin (a - b)
2 cos a cos b = cos (a + b) + cos (a - b)
- 2 sin a cos b = cos (a + b) - sin (a - b)
PENJUMLAHAN FUNGSI YANG BERBEDA
Bentuk a cos x + b sin x
Merubah bentuk a cos x + b sin x ke dalam bentuk K cos (x - a)
a cos x + b sin x = K cos (x-a).
Diposkan oleh fery yansah
0 komentar
KESIMPULAN DAN SARAN
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada tahapan penelitian,
maka diperoleh beberapa kesimpulan berkaitan dengan penerapan multimedia
interaktif dalam pembelajaran trigonometri untuk meningkatkan kemampuan
penalaran matematis siswa kelas XI di SMA Pasundan 3 Bandung, yaitu:
1. Kemampuan penalaran matematis siswa SMA yang menggunakan
multimedia interaktif lebih baik daripada siswa SMA yang
menggunakan model pembelajaran konvensional.
2. Terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang
menggunakan multimedia interaktif sebesar 0,45 yang termasuk
kriteria sedang. Sedangkan pengaruh penerapan multimedia interaktif
terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa sebesar
45,28%.
3. Tanggapan siswa terhadap penerapan multimedia interaktif dalam
pembelajaran matematika positif. Hal tersebut dari hasil observasi,
angket dan wawancara, diantaranya: belajar matematika dengan
multimedia interaktif menambah kemandirian siswa dalam belajar
matematika, siswa ingin materi lain disajikan dengan multimedia,
motivasi belajar matematika siswa menjadi tumbuh kembali setelah
mengikuti pembelajaran dengan multimedia interaktif. Dari hasil
87
angket diperoleh bahwa persentase siswa yang mendukung penerapan
multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika adalah sebesar
94,53%.
Dari ketiga hal di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan multimedia
interaktif dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan
penalaran matematis siswa SMA khususnya materi Trigonometri.
B. Saran
1. Bagi Guru
Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa penerapan multimedia interaktif
dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan penalaran matematis
siswa. Selain itu respons siswa terhadap multimedia interaktif cenderung
positif. Oleh karena itu, penulis menyarankan untuk guru agar mencoba
dan menggunakan pembelajaran ini sebagai alternatif pembelajaran
matematika di sekolah khususnya pada materi trigonometri.
2. Bagi Peneliti Selanjutnya
Dalam penelitian ini kemampuan yang diukur hanyalah kemampuan
penalaran matematis dengan menggunakan multimedia interaktif. Maka
penulis menyarankan bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan
penelitian yang serupa untuk mengembangkan kemampuan yang berbeda
dengan materi dan jenjang yang berbeda pula. Selain itu, diharapkan
peneliti berikutnya dapat meningkatkan kemampuan membuat software
pembelajaran sehingga multimedia yang dihasilkan lebih baik lagi.
88
3. Bagi Penentu Kebijakan
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa kemampuan penalaran
matematis meningkat setelah diberikannya pembelajaran dengan
menggunakan multimedia interaktif, maka penulis menyarankan kepaada
penentu kebijakan agar multimedia interaktif dapat dijadikan sebagai
salah
satu alternatif pembelajaran dalam mengajarkan materi trigonometri yang
terdapat dalam kurikulum matematika SMA
Diposkan oleh fery yansah
Copy the BEST Traders and Make Money : http://ow.ly/KNICZ
Copy the BEST Traders and Make Money : http://ow.ly/KNICZ
A. Pengertian
Trigonometri
Trigonometri terdiri dari sinus (sin), cosinus (cos), tangens ( tan),
cotangens (cot), secan (sec) dan cosecan (cosec). Trigonometri merupakan
nilai perbandingan yang didefinisikan pada koordinat kartesius atau
segitiga siku-siku.
Jika trigonometri didefinisikan dalam segitiga siku-siku, maka
definisinya adalah sebagai berikut:
B. Nilai Trigonometri untuk Sudut-sudut Istimewa
C. Rumus-rumus Identitas Trigonometri
D. Rumus- Rumus Trigonometri
E. Aturan Trigonometri dalam Segitiga
Diposkan oleh fery yansah
0 komentar
TRIGONOMETRI DAN SEJARAHNYA
Pengertian dan Sejarah Trigonometri
Pengertian Trigonometri
Trigonometri (dari bahasa Yunani trigonon = tiga sudut dan metro =
mengukur) adalah sebuah cabang matematika yang berhadapan dengan sudut
segi tiga dan fungsi trigonometrik seperti sinus, cosinus, dan tangen.
Trigonometri memiliki hubungan dengan geometri, meskipun ada
ketidaksetujuan tentang apa hubungannya; bagi beberapa orang,
trigonometri adalah bagian dari geometri.
Sejarah Trigonometri
Awal trigonometri dapat dilacak hingga zaman Mesir Kuno dan Babilonia
dan peradaban Lembah Indus, lebih dari 3000 tahun yang lalu.
Matematikawan India adalah perintis penghitungan variabel aljabar yang
digunakan untuk menghitung astronomi dan juga trigonometri. Lagadha
adalah matematikawan yang dikenal sampai sekarang yang menggunakan
geometri dan trigonometri untuk penghitungan astronomi dalam bukunya
Vedanga, Jyotisha, yang sebagian besar hasil kerjanya hancur oleh
penjajah India.
Matematikawan Yunani Hipparchus sekitar 150 SM menyusun tabel
trigonometri untuk menyelesaikan segi tiga.
Matematikawan Yunani lainnya, Ptolemy sekitar tahun 100 mengembangkan
penghitungan trigonometri lebih lanjut.
Matematikawan Silesia Bartholemaeus Pitiskus menerbitkan sebuah karya
yang berpengaruh tentang trigonometri pada 1595 dan memperkenalkan kata
ini ke dalam bahasa Inggris dan Perancis.
RUMUS- RUMUS TRIGONOMETRI
PENJUMLAHAN DUA SUDUT (a + b)
sin(a + b) = sin a cos b + cos a sin b
cos(a + b) = cos a cos b - sin a sin b
tg(a + b ) = tg a + tg b
1 - tg2a
SELISIH DUA SUDUT (a - b)
sin(a - b) = sin a cos b - cos a sin b
cos(a - b) = cos a cos b + sin a sin b
tg(a - b ) = tg a - tg b
1 + tg2a
SUDUT RANGKAP
sin 2a = 2 sin a cos a
cos 2a = cos2a - sin2 a
= 2 cos2a - 1
= 1 - 2 sin2a
tg 2a = 2 tg 2a
1 - tg2a
sin a cos a = ½ sin 2a
cos2a = ½(1 + cos 2a)
sin2a = ½ (1 - cos 2a)
Secara umum :
sin na = 2 sin ½na cos ½na
cos na = cos2 ½na - 1
= 2 cos2 ½na - 1
= 1 - 2 sin2 ½na
tg na = 2 tg ½na
1 - tg2 ½na
JUMLAH SELISIH DUA FUNGSI YANG SENAMA
BENTUK PENJUMLAHAN ® PERKALIAN
sin a + sin b = 2 sin a + b cos a - b
2 2
sin a - sin b = 2 cos a + b sin a - b
2 2
cos a + cos b = 2 cos a + b cos a - b
2 2
cos a + cos b = - 2 sin a + b sin a - b
2 2
BENTUK PERKALIAN ® PENJUMLAHAN
2 sin a cos b = sin (a + b) + sin (a - b)
2 cos a sin b = sin (a + b) - sin (a - b)
2 cos a cos b = cos (a + b) + cos (a - b)
- 2 sin a cos b = cos (a + b) - sin (a - b)
PENJUMLAHAN FUNGSI YANG BERBEDA
Bentuk a cos x + b sin x
Merubah bentuk a cos x + b sin x ke dalam bentuk K cos (x - a)
a cos x + b sin x = K cos (x-a).
Diposkan oleh fery yansah
0 komentar
KESIMPULAN DAN SARAN
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada tahapan penelitian,
maka diperoleh beberapa kesimpulan berkaitan dengan penerapan multimedia
interaktif dalam pembelajaran trigonometri untuk meningkatkan kemampuan
penalaran matematis siswa kelas XI di SMA Pasundan 3 Bandung, yaitu:
1. Kemampuan penalaran matematis siswa SMA yang menggunakan
multimedia interaktif lebih baik daripada siswa SMA yang
menggunakan model pembelajaran konvensional.
2. Terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang
menggunakan multimedia interaktif sebesar 0,45 yang termasuk
kriteria sedang. Sedangkan pengaruh penerapan multimedia interaktif
terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa sebesar
45,28%.
3. Tanggapan siswa terhadap penerapan multimedia interaktif dalam
pembelajaran matematika positif. Hal tersebut dari hasil observasi,
angket dan wawancara, diantaranya: belajar matematika dengan
multimedia interaktif menambah kemandirian siswa dalam belajar
matematika, siswa ingin materi lain disajikan dengan multimedia,
motivasi belajar matematika siswa menjadi tumbuh kembali setelah
mengikuti pembelajaran dengan multimedia interaktif. Dari hasil
87
angket diperoleh bahwa persentase siswa yang mendukung penerapan
multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika adalah sebesar
94,53%.
Dari ketiga hal di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan multimedia
interaktif dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan
penalaran matematis siswa SMA khususnya materi Trigonometri.
B. Saran
1. Bagi Guru
Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa penerapan multimedia interaktif
dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan penalaran matematis
siswa. Selain itu respons siswa terhadap multimedia interaktif cenderung
positif. Oleh karena itu, penulis menyarankan untuk guru agar mencoba
dan menggunakan pembelajaran ini sebagai alternatif pembelajaran
matematika di sekolah khususnya pada materi trigonometri.
2. Bagi Peneliti Selanjutnya
Dalam penelitian ini kemampuan yang diukur hanyalah kemampuan
penalaran matematis dengan menggunakan multimedia interaktif. Maka
penulis menyarankan bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan
penelitian yang serupa untuk mengembangkan kemampuan yang berbeda
dengan materi dan jenjang yang berbeda pula. Selain itu, diharapkan
peneliti berikutnya dapat meningkatkan kemampuan membuat software
pembelajaran sehingga multimedia yang dihasilkan lebih baik lagi.
88
3. Bagi Penentu Kebijakan
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa kemampuan penalaran
matematis meningkat setelah diberikannya pembelajaran dengan
menggunakan multimedia interaktif, maka penulis menyarankan kepaada
penentu kebijakan agar multimedia interaktif dapat dijadikan sebagai
salah
satu alternatif pembelajaran dalam mengajarkan materi trigonometri yang
terdapat dalam kurikulum matematika SMA
Copy the BEST Traders and Make Money : http://ow.ly/KNICZ
Copy the BEST Traders and Make Money : http://ow.ly/KNICZ
A. Pengertian
Trigonometri
Trigonometri terdiri dari sinus (sin), cosinus (cos), tangens ( tan),
cotangens (cot), secan (sec) dan cosecan (cosec). Trigonometri merupakan
nilai perbandingan yang didefinisikan pada koordinat kartesius atau
segitiga siku-siku.
Jika trigonometri didefinisikan dalam segitiga siku-siku, maka
definisinya adalah sebagai berikut:
B. Nilai Trigonometri untuk Sudut-sudut Istimewa
C. Rumus-rumus Identitas Trigonometri
D. Rumus- Rumus Trigonometri
E. Aturan Trigonometri dalam Segitiga
Diposkan oleh fery yansah
0 komentar
TRIGONOMETRI DAN SEJARAHNYA
Pengertian dan Sejarah Trigonometri
Pengertian Trigonometri
Trigonometri (dari bahasa Yunani trigonon = tiga sudut dan metro =
mengukur) adalah sebuah cabang matematika yang berhadapan dengan sudut
segi tiga dan fungsi trigonometrik seperti sinus, cosinus, dan tangen.
Trigonometri memiliki hubungan dengan geometri, meskipun ada
ketidaksetujuan tentang apa hubungannya; bagi beberapa orang,
trigonometri adalah bagian dari geometri.
Sejarah Trigonometri
Awal trigonometri dapat dilacak hingga zaman Mesir Kuno dan Babilonia
dan peradaban Lembah Indus, lebih dari 3000 tahun yang lalu.
Matematikawan India adalah perintis penghitungan variabel aljabar yang
digunakan untuk menghitung astronomi dan juga trigonometri. Lagadha
adalah matematikawan yang dikenal sampai sekarang yang menggunakan
geometri dan trigonometri untuk penghitungan astronomi dalam bukunya
Vedanga, Jyotisha, yang sebagian besar hasil kerjanya hancur oleh
penjajah India.
Matematikawan Yunani Hipparchus sekitar 150 SM menyusun tabel
trigonometri untuk menyelesaikan segi tiga.
Matematikawan Yunani lainnya, Ptolemy sekitar tahun 100 mengembangkan
penghitungan trigonometri lebih lanjut.
Matematikawan Silesia Bartholemaeus Pitiskus menerbitkan sebuah karya
yang berpengaruh tentang trigonometri pada 1595 dan memperkenalkan kata
ini ke dalam bahasa Inggris dan Perancis.
RUMUS- RUMUS TRIGONOMETRI
PENJUMLAHAN DUA SUDUT (a + b)
sin(a + b) = sin a cos b + cos a sin b
cos(a + b) = cos a cos b - sin a sin b
tg(a + b ) = tg a + tg b
1 - tg2a
SELISIH DUA SUDUT (a - b)
sin(a - b) = sin a cos b - cos a sin b
cos(a - b) = cos a cos b + sin a sin b
tg(a - b ) = tg a - tg b
1 + tg2a
SUDUT RANGKAP
sin 2a = 2 sin a cos a
cos 2a = cos2a - sin2 a
= 2 cos2a - 1
= 1 - 2 sin2a
tg 2a = 2 tg 2a
1 - tg2a
sin a cos a = ½ sin 2a
cos2a = ½(1 + cos 2a)
sin2a = ½ (1 - cos 2a)
Secara umum :
sin na = 2 sin ½na cos ½na
cos na = cos2 ½na - 1
= 2 cos2 ½na - 1
= 1 - 2 sin2 ½na
tg na = 2 tg ½na
1 - tg2 ½na
JUMLAH SELISIH DUA FUNGSI YANG SENAMA
BENTUK PENJUMLAHAN ® PERKALIAN
sin a + sin b = 2 sin a + b cos a - b
2 2
sin a - sin b = 2 cos a + b sin a - b
2 2
cos a + cos b = 2 cos a + b cos a - b
2 2
cos a + cos b = - 2 sin a + b sin a - b
2 2
BENTUK PERKALIAN ® PENJUMLAHAN
2 sin a cos b = sin (a + b) + sin (a - b)
2 cos a sin b = sin (a + b) - sin (a - b)
2 cos a cos b = cos (a + b) + cos (a - b)
- 2 sin a cos b = cos (a + b) - sin (a - b)
PENJUMLAHAN FUNGSI YANG BERBEDA
Bentuk a cos x + b sin x
Merubah bentuk a cos x + b sin x ke dalam bentuk K cos (x - a)
a cos x + b sin x = K cos (x-a).
Diposkan oleh fery yansah
0 komentar
KESIMPULAN DAN SARAN
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada tahapan penelitian,
maka diperoleh beberapa kesimpulan berkaitan dengan penerapan multimedia
interaktif dalam pembelajaran trigonometri untuk meningkatkan kemampuan
penalaran matematis siswa kelas XI di SMA Pasundan 3 Bandung, yaitu:
1. Kemampuan penalaran matematis siswa SMA yang menggunakan
multimedia interaktif lebih baik daripada siswa SMA yang
menggunakan model pembelajaran konvensional.
2. Terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang
menggunakan multimedia interaktif sebesar 0,45 yang termasuk
kriteria sedang. Sedangkan pengaruh penerapan multimedia interaktif
terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa sebesar
45,28%.
3. Tanggapan siswa terhadap penerapan multimedia interaktif dalam
pembelajaran matematika positif. Hal tersebut dari hasil observasi,
angket dan wawancara, diantaranya: belajar matematika dengan
multimedia interaktif menambah kemandirian siswa dalam belajar
matematika, siswa ingin materi lain disajikan dengan multimedia,
motivasi belajar matematika siswa menjadi tumbuh kembali setelah
mengikuti pembelajaran dengan multimedia interaktif. Dari hasil
87
angket diperoleh bahwa persentase siswa yang mendukung penerapan
multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika adalah sebesar
94,53%.
Dari ketiga hal di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan multimedia
interaktif dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan
penalaran matematis siswa SMA khususnya materi Trigonometri.
B. Saran
1. Bagi Guru
Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa penerapan multimedia interaktif
dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan penalaran matematis
siswa. Selain itu respons siswa terhadap multimedia interaktif cenderung
positif. Oleh karena itu, penulis menyarankan untuk guru agar mencoba
dan menggunakan pembelajaran ini sebagai alternatif pembelajaran
matematika di sekolah khususnya pada materi trigonometri.
2. Bagi Peneliti Selanjutnya
Dalam penelitian ini kemampuan yang diukur hanyalah kemampuan
penalaran matematis dengan menggunakan multimedia interaktif. Maka
penulis menyarankan bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan
penelitian yang serupa untuk mengembangkan kemampuan yang berbeda
dengan materi dan jenjang yang berbeda pula. Selain itu, diharapkan
peneliti berikutnya dapat meningkatkan kemampuan membuat software
pembelajaran sehingga multimedia yang dihasilkan lebih baik lagi.
88
3. Bagi Penentu Kebijakan
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa kemampuan penalaran
matematis meningkat setelah diberikannya pembelajaran dengan
menggunakan multimedia interaktif, maka penulis menyarankan kepaada
penentu kebijakan agar multimedia interaktif dapat dijadikan sebagai
salah
satu alternatif pembelajaran dalam mengajarkan materi trigonometri yang
terdapat dalam kurikulum matematika SMA
Copy the BEST Traders and Make Money : http://ow.ly/KNICZ
Copy the BEST Traders and Make Money : http://ow.ly/KNICZ
Terima kasih,, sudah menyumbangkan ilmunya,,,sangat bermanfaat
BalasHapusTerimakasih ilmunya saya terbantu
BalasHapusTerimakasih ilmunya saya terbantu
BalasHapusTerimakasih ilmunya saya terbantu
BalasHapusTerimakasih atas ilmunyà
BalasHapusCara downloadnya gimana kak
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusTerimakasih, sangat membantu
BalasHapusTerimakasihh
BalasHapusTERIMKAASIH ATAS WAWASAN BERMANFAATNYA
BalasHapusTerima kasih, bisa saya ATM untuk bahan ajar dalam les matematika :)
BalasHapus